Kapal Cepat Patroli Untuk Perlindungan Pelayaran

Demi menjaga ketenteraman wilayah perairan, tiap negara memiliki militer kelautan khusus yang biasanya melakukan patroli secara berkala untuk menjaga keamanan pelayaran. Oleh sebab itu, kapal militer maupun milik polisi laut selalu dirancang dengan desain tertentu yang memudahkan pengejaran kriminal atau mengatasi masalah khusus. Tidak jarang, speed boat adalah moda transportasi yang digunakan sebagai kapal cepat patroli. Speed boat yang digunakan tentu saja dengan spesifikasi khusus yang tidak sama dengan speed boat pada umumnya.
Peranan Penting Kapal cepat patroli
Kapal cepat patroli di laut Indonesia biasanya dimiliki oleh Direktorat Jenderal Perhubungan Laut Kementrian Perhubungan. Fungsinya tentu untuk menjaga keselamatan pelayaran serta melindungi wilayah maritim negara dari berbagai ancaman. Entah itu ancaman dari dalam maupun dari luar.
Kapal cepat patroli digunakan untuk mengontrol wilayah kelautan, mulai dari mengawasi, hingga melakukan pengejaran kepada tersangka kriminal. Oleh sebab itu, kapal cepat patroli pun dibuat sedemikian rupa supaya memiliki kecepatan yang mumpuni sehingga tidak kalah dari kriminal laut.
kapal speed boat
Bahkan, karena dirancang khusus, pengemudi kapal cepat patroli juga merupakan orang-orang terlatih yang sudah dibekali pengetahuan di bidang tersebut. Inilah mengapa, biasanya terdapat bimbingan khusus untuk mereka yang nantinya akan menjadi pengoperasi kapal-kapal cepat patroli. Tidak jarang, diadakan workshop untuk pelatihan pengemudi kapal-kapal cepat patroli dengan pelatih professional.
Perawatan dan peremajaan kapal cepat patroli biasanya juga dilakukan secara berkala untuk mencegah masalah-masalah yang tidak diinginkan ketika bertugas di laut. Pemeliharaan yang baik bukan hanya membuat kapal dapat digunakan dengan baik, tapi juga lebih tahan lama.
Selain pemeliharaan kapal, memilih kapal yang baik juga menjadi pertimbangan tersendiri. Bahan yang kuat dan awet lebih diutamakan, karena sebagai antisipasi adanya masalah yang disebabkan oleh oleh bentrokan, atau bahkan kondisi alam. Hal tersebut akan lebih baik dengan dukungan mesin yang bertenaga tinggi, serta teknologi yang canggih.
Dikarenakan oleh pentingnya tugas kapal cepat patroli, kapal jenis ini dibagi menjadi banyak kategori. Biasanya ditentukan dari perusahaan pemroduksi, ukuran kapal, kecepatan, dan lain-lain. Contohnya FBP-57, Kapal cepat patroli Cepat 14 Meter, Kapal cepat patroli Cepat 57 meter NAV, KRI Pandrong(801), KRI Sura(802), dan lain sebagainya.