Kapal Penangkap Ikan Perkembangan Sampai Sekarang

Indonesia sebagai salah satu negara maritim yang memiliki kekayaan laut yang melimpah tentunya membuat masyarakatnya sebagian bekerja sebagai nelayan. Para nelayan ini biasanya akan menggunakan kapal penangkap ikan yang dapat memuat ikan dalam jumlah banya. Berikut akan kami ulas serba serbi fakta tentang kapal penagkap ikan.
Mengenal kapal penangkap ikan
Kapal penangkap ikan merupakan sebuah perahu atau kapal yang digunakan untuk menangkap ikan yang ada di laut, danau atau sungai. Terdapat berbagai jenis kapal kapal penangkap ikan yang ada, mulai dari kapal tradisional hingga kapal modern yang telah dilengkapi dengan fasilitas pemrosesan ikan.
Berdasarkan data dari federasi pangan dan pertanian internasional. Pada tahun 2004 terdapat setidaknya 4 juta kapal penangkap ikan komersial yang ada di seluruh dunia. Sedangkan menurut kementerian perhubungan mengkonfirmasi bahwa terdapat 33.052 kapal penangkap ikan yang tersertifikasi di Indonesia hingga Februari 2019.
Sejarah kapal Penangkap Ikan
Menurut para ahli sejarah, kapal penangkap ikan pada awalnya merupakan rakit, kano atau perahu yang terbuat dari rangka kayu dibalut kulit hewan atau kulit kayu. Penemuan perahu tertua di klaim berasal dari zaman Neolitik sekitar 7000 samapi 9000 tahun yang lalu. Artefak tersebut berupa kano yang terbuat dari batang pohon konifer yang dilunagi dengan peralatan batu sederhana.
Sedangkan untuk kapal penangkap ikan laut paling tua adalah peruahu yang terbuat dari anyaman batang rumput dan dilapisi tar yang ditemukan di Kuwait. Kapal-kapal kuno ini memiliki kemampuan yang sangat terbatas, yaitu sekedar dapt mengapung dan bergerak di atas air namun tidak mampu untuk menahan gelombang yang jauh dari bibir pantai.
Kemudian pada tahun 4000 sebelum masehi, bangsa mesir kuno telah mampu membangun perahu nelayan yang digerakkan dengan dayung oleh beberapa manusia. Selanjutnya perkembangan perahu dengan ditemukannya layar yang terbuat dari tenunan kapas, sehingga dapat bergerak lebih cepat.
Kapal penangkap ikan di masa kini
Kini kapal ikan yang dimiliki oleh korporasi besar memiliki bentuk yang sangat besar dan memiliki penampungan yang besar pula. Biasanya kapal ini dapat berlayar hingga berbulan-bulan tanpa harus berlabuh dan memiliki fasilitas pengolahan ikan di dalamnya, sehingga saat berlabuh cukup langsung mendistribusikannya.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s